INFORMASI :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque semper tellus id quam sollicitudin, non congue enim bibendum.

LEGENDA DESA SAMPANG

LEGENDA DESA SAMPANG

LEGENDA DESA SAMPANG

                 Alkisah pada zaman dahulu ada hutan belantara yang disebut dengan hutan Larangan yang pada masa itu masih dibilang  sangatlah angker karena masih jarang orang yang merambah maupun sekedar lewat. Namun hanya orang -orang tertentu yang berani memasuki maupun melewatinya. Menurut para sesepuh konon hutan tersebut dihuni oleh para makhluk halus yang  tinggal disebuah pohon besar yang konon  namanya Pohon SAMPANG atau Kayu sampang.

                Dan pada  zaman itu pohon besar yang orang pada saat itu menyebutnya kayu sampang itu batangnya sangat panjang dan tinggi menjulang. Makanya jarang orang yang berani mendekati  pohon tersebut apalagi untuk mengganggunya, Namun demikian karena akan dibuat perkampungan maka ditebanglah pohon tersebut oleh beberapa orang secara gotong royong.. Akan tetapi pada saat ditebang pohon tersebut tidak selesai dalam waktu satu hari,karena waktu sudah sore akhirnya dilanjutkan hari berikutnya. Namun pada saat mau dilanjutkan dihari berikutnya terjadi suatu keanehan pada kayu tersebut. Penebangan yang tinggal melanjutkan dan diperkirakan sedikit lagi akan tumbang ternyata pada cecelan kayu tersebut rapat kembali akhirnya dimulailah dari awal lagi. Dan hari sudah sore penebangan tidak bisa tumbang lagi akhirnya kejadian sebelumnya pun terjadi lagi ditebang pohon tersebut tidak pernah bisa tumbang atau roboh  dan kembali seperti sediakala.

                Maka didatangkanlah seorang pertapa sakti untuk  menebang pohon tersebut dengan cara memindahkan segala makhluk halus yang ada pada pohon tersebut.Setelah berhasil dipindahkan maka ditebanglah pohon tersebut  untuk dijadikan Perkampungan. Mengingat perjuangan yang melelahkan dan banyak keanehan maka jadilah sebuah kampung dan diberi Nama Kampung Sampang Yang diambil dari nama Pohon Sampang. Karena semakin lama penghuni kampung tersebut semakin banyak maka dijadikanlah sebuah desa yaitu DESA SAMPANG. Sampai Sekarang ada sebuah petilasan di Dukuh Sadangan yang konon adalah bekas atau tunggak kayu Sampang dan sampai sekarang masih dipugar dan dilestarikan..Tempatnya terletak Persis Dibelakang Balai Desa Sampang.

                Konon sekitar Tahun 1716 didirikanlah Desa Sampang  yang kala itu dipimpin oleh seorang tokoh pada masanya yang bernama KI Danu Tirta yang pada masa itu nama jabatanya adalah BEKEL. belum ada nama jabatan Kepala Desa pada awal berdiri dan menjabat sebagai Bekel selama 35 Tahun.

Berikut data Nama pemimpin desa Sampang dari masa ke masa :

1. Ki Bekel Danutirta Menjabat kisatan 35 tahun

2.Sawikrama

3.  Dipakerta

4. Wasimun

5. Trunawijaya

6 . Sanangun

7  .Cakra Sumedi

8. Rasimin Hadisuwito

9. Slamet Raharjo

10. Sawikin

11. Tino

12. Ratimin

13. Sarikun yang saat ini sedang menjabat. Demikian sejarah singkat tentang Desa Sampang yang dikutip dari para narasumber dan Dokumen dari para sesepuh terdahulu. Sampang ON NEWS.1/3/23

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Silaturahmi dengan PPDI, Bupati Minta Perkuat Sinergitas
Bupati Kebumen Hibahkan Eks Gedung SD untuk Pemerintah Desa Sawangan
Bupati Resmikan Pantai Heppii, Wisata Rakyat, Nyaman, Murah Meriah
Bupati Minta Promosi Geopark Kebumen di Gencarkan
Pemkab Kebumen Raih Penghargaan literasi Nasional dari Nyalanesia

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2